PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHAP I ( 1 Februari - 30 April 2018 ), TAHAP II ( 1 Mei - 30 Juni 2018 ), TAHAP III ( 1 Agustus - 31 Agustus 2018 ) UNTUK INFORMASI LAINNYA BISA MENGHUBUNGI KAMI Telp. 0765-5507654, Jalan Utama karya No. 03 Bukit Batrem II Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai Riau - Indonesia
Minggu, 16 Desember 2018

Visitasi Assesment Prodi Pendidikan Agama Islam BAN-PT IAI-TF Dumai

SAM_0473

 SAM_0473

Untuk kali yang ke-2 Prodi pendidikan agama islam  Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai dilakukan visitasi proses Assessment oleh asesor BAN-PT, Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA dan Dr. Muljono Damopolii, M.Ag  pada tanggal 18-20 September 2016, kegiatan visitasi dimulai dengan pembukaan  penyambutan tim visitasi BAN-PT dikampus Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai, dalam kegiatan tersebut yang dihadiri oleh segenap Civitas Akademik Rektor, Wakil Rektor, dan Ketua Yayasan Tafaqquh Fiddin Dumai, dalam kesempatan tersebut, Rekor IAI-TF menyampaikan bahwa Prodi Pendidikan Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai sangat siap untuk dilakukan visitasi, dan visitasi kali ini adalah  untuk pertama kalinya ketika Sekolah Tinggi Agama Islam Berubah menjadi Institut Agama Islam sejak tahun 2014 yang lalu, Rektor juga menekankan juga bahwa penting nya visitasi bagi Prodi Pendidikan Agama Islam untuk membuktikan kualitas penyelenggaraan Prodi Pendidikan Agama Islam ini dihadapan masyarakat khusus nya di Kota Dumai dan Masyarakat di indonesia serta pengguna pendidikan Agama Islam dimanapun.

Disamping itu Ketua Yayasan juga mengungkap hal yang sama, Ketua Yayasan dalam sambutan nya menyampaikan bahwa mengucapkan selamat datang kepada asesor BAN-PT dan serta mengucapkan terimakasih karena hadir ditengah-tengah Civitas Akedemik Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai, dan ini merupakan sesuatu yang memberikan  keberkahan untuk kemajuan IAI-TF di Kota Dumai dimasa yang akan datang,  Yayasan IAI-TF menegaskan atau menyampaikan kepada tim asesor bahwa IAI-TF memiliki distingsi sebagai sebuah institusi yang tetap mengkedepankan perjuangan keislaman dan menjadi Institut Agama yang terunggul di pesisir pantai timur sumatera dengan fokus kajian islam dan peradaban melayu, Ketua Yayasan juga berharap kepada tim asesor untuk dapat memberikan masukan serta memberikan penilaian-penilaian kepada IAI-TF demi kemajuan dimasa yang akan datang.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA, dimana menjelaskan tentang bagaimana visitasi yang mereka lakukan dalam rangka rekan bagi prodi untuk mendiskusi segala proses-proses pembelajaran yang ada di Program Studi, namun sebagai tim asesor mereka tetap melakukan segala penilaian-penilaian atas DES evaluasi yang telah mereka lakukan di jakarta.

Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA, menyatakan juga bahwa bagi mereka ketika mereka diperintahkan hadir untuk melakukan visitasi  itu artinya sebuah Prodi sudah layah untuk divisitasi sehingga mereka hanya bisa menilai apakah dokumen-dokumen  yang disampaikan di jakarta itu benar adanya atau dokumen-dokumen itu masih kurang sehingga pihak Prodi dapat menambah bukti-bukti yang dapat memberikan penilaian lebih, begitu juga dengan halnya jika memang kelebihan informasi tetapi kekurangan bukti tentu akan melahirkan kekurangan dalam penilaian.

Senada dengan Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, Dr. Muljono Damopolii, M.Ag juga sebagi tim visitasi asesor juga menyatakan hal yang sama bahwa visitasi dalam rangka memberikan assesmen terhadap segala informasi yang disampaikan kepada mereka, selanjutnya visitasi ini sedang berlanjut dengan 2 bagian, yang pertama membahas tentang (Borang A) menyangkut dengan 7 standar pengolahan program studi, dan yang lain membahas tentang (Borang B) yang membahas 7 kriteria pengolahan pada tingkat fakultas dan institusi.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *