PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHAP I ( 1 Februari - 30 April 2018 ), TAHAP II ( 1 Mei - 30 Juni 2018 ), TAHAP III ( 1 Agustus - 31 Agustus 2018 ) UNTUK INFORMASI LAINNYA BISA MENGHUBUNGI KAMI Telp. 0765-5507654, Jalan Utama karya No. 03 Bukit Batrem II Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai Riau - Indonesia
Sabtu, 18 Agustus 2018

TENTANG IAITF

buku-panduan-2

Visi

“Institusi terunggul dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang handal dalam mengelola khazanah pesisir pantai timur sumatera dalam tatanan tamaddun Melayu di  Asia Tenggara tahun 2025”

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat yang Unggul dan Kompetitif di Pantai Timur Sumatera.

  2. Menjadikan Institut Agama Islam Yang Unggul dalam pemantapan aqidah, akhlaqul-karimah di Pantai Timur Sumatera.

  3. Menjadikan Institut Agama Islam yang unggul dalam pengembangan ilmu dan profesi di Pantai Timur Sumatera.

  4. Menjadikan Institut Agama Islam yang unggul dalam pengembangan masyarakat yang damai dan sejahtera di Pantai Timur

 

Ketua YayasanTafaqquh Fiddin

Dr. H M RIZAL AKBAR, SSi, M.Phil

rizalLahir  di  Sungai     Alam, Bengkalis 12  September  1974, Ketua  Yayasan  Tafaqquh Fiddin ini pernah menjabat   Sekretaris   Eksekutif   Tim   Pertimbangan Kajian    Kebijakan Gubernur Riau (TPK2-GUBRI) (2003-2008), Anggota DPRD Riau (2004-2009).

Berbekalkan Ijazah sarjana S1 Matematika FMIPA Unri 1998, dia melanjutkan S2 di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan menyandang gelar Master Of Philosophy (M.Phil), gelar Doktor  diperolehnya di Islamic Economic & Finance (IEF) Universitas Trisakti Jakarta, dengan predikat Cumlaude dan Doktor Terbaik Universitas Trisakti 2016.

 

 

 

 

Rektor

rozaiAhmad Roza’i Akbar, S.Ag, MH, Calon Doktor Ilmu Hukum ini, Lahir di Sungai Alam Bengkalis 12 November 1970. Adalah Dosen Tetap pada Program Studi Ahwal al-Syakhsiyyah yang menjabat Rektor IAI Tafaqquh Fiddin Dumai. Memiliki Kepakaran dalam bidang Ushul Fiqh dan Hukum Tata Negara. Selain berprestasi di dunia akademik beliau pernah menjadi Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kota Dumai, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Komisariat Kota Dumai, Ketua Tim Seleksi KPUD Kota Dumai 2014, serta aktif dalam kegiatan dakwah serta majelis Ilmu di Kota Dumai dan Provinsi Riau, Dewan Syariah DPD Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Kota Dumai. Beliau menamatkan S1 pada Program Studi Ahwal al-Syakhsiyyah IAIN Susqa Pekanbaru, dengan menyandang gelar Sarjana Agama (S.Ag) dan menyelesaikan S2 pada Program Studi Hukum Tata Negara di Universitas Islam Bandung dengan menyandang gelar Magister Hukum (MH). Masih Melanjutkan Program Doktor Hukum di Universitas Islam Bandung dan Penerima Program Beasiswa 5000 Doktor di UIN Suska Pekanbaru Program Studi Hukum Islam.

 

Sekilas Sejarah

nnn

 

 

 

Gambar: Penyerahan SK Alih Status oleh Prof. Dr. Dede Rosada (Direktur Diktis Kementerian Agama RI) kepada H. M. Rizal Akbar, S.Si, M.Phil (ketua Yayasan Tafaqquh Fiddin Dumai, Jakarta 8 Desember 2014 

 

Berawal dari Sekolah Tinggi Agama Islam (IAITF) Tafaqquh Fiddin Dumai di bawah naungan Yayasan Tafaqquh Fiddin telah berdiri sejak tahun 1999 melalui Surat Keputusan Koordinator KOPERTAIS Wilayah XII Nomor : 05/XII/K/2000 Tentang IZIN OPERASIONAL, Tanggal 1 April 2000. Terdaftar melalui SK Menteri Agama Nomor : DJ.II/264/2002, 12 Juli 2002.

Pada 8 Desember 2014 merupakan momentum sejarah baru bagi masyarakat Dumai khususnya dan Provinsi Riau pada umumnya. Dimana Berdasarkan SK Dirjen Pendis No 6266 tanggal 5 November 2014, Sekolah Tinggi Agama Islam (IAITF) Tafaqquh Fiddin  Dumai, resmi naik status menjadi Institut Agama Islam Tafaquh Fiddin (IAITF) Dumai, yang merupakan Institut pertama di Kota Dumai dan Pertama di Kopertais Wilayah XII Riau-Kepulauan Riau, semoga menjadi “Institut Agama Islam Terunggul di Kawasan Pesisir Pantai Timur Sumatera”.

 

Wakil Rektor

rasidiDr. Rasyidi, S.Pd.I, M.Pd.I, Wakil Rektor bidang akademik ini Lahir di Sungai Mandah Inderagiri Hilir 15 Desember 1979.  Beliau menamatkan S1 pada Program Studi Pendidikan Agama Islam di IAITFN Bukit Tinggi dengan menyandang gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I). S2 diselesaikannya di Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Pekanbaru dalam Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, dengan gelar Magister Pendidikan Islam (M.Pd.I) dan Doktor Manajemen Pendidikan Islam di UIN Suska Pekanbaru.

 

 

 

 

 

faisalFaizal Nurmatias, S.Si,  ME, Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Kemahasiswaan ini adalah calon Doktor Ekonomi & Keuangan Islam, Lahir di Dumai, 8 September 1973.  Beliau menamatkan S1 pada Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau dengan menyandang gelar Sarjana Sains (S.Si). Magister Ekonomi di Universitas Trisakti Jakarta dalam program Studi Islamic Ecomics & Finance. Saat ini sedang mengikuti program Doktor S3 di UIN Sumatera Utara.

 

 

 

 

 

 

Fakultas Ekonomi Islam

(F E I)

 

khairul

Khairul Azmi, SHI, ME,

Dekan Fakultas Ekonomi Islam.

 

Visi

Terwujudnya Fakultas Ekonomi Islam unggul, terdepan dalam keilmuan, keislaman, dan keterampilan pada bidang Ekonomi berbasis pantai timur Sumatera di kawasan Asian 2025”.

 

 

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu-ilmu, Ekonomi dan ke-islaman untuk membentuk sarjana yang berkualitas, profesional, dan berakhlak mulia.

  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian dalam bidang ilmu Ekonomi dan ke-islaman.

  3. Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka mengamalkan ilmu Ekonomi dan ke-islaman.

  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga yang terkait dengan aktivitas ekonomi dan keIslaman, baik lembaga negeri ataupun swasta untuk mengopti malkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

  5. Mengintegrasikan ilmu Ekonomi dan ke-islaman.

 

Fakultas Syariah

(F-SYARIAH)

 

susiana

Susiana, S.H.I,MA

Dekan Fakultas Syariah.

 

 

Visi

Terwujudnya Fakultas Syari’ah IAITF Dumai sebagai lembaga yang unggul dalam pembelajaran berbasis Hukum Islam, dan melahirkan pakar intelektual yang profesional di bidang hukum Islam di Asia Tenggara pada tahun 2025

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam dalam disiplin ilmu Syariah dan Ilmu Hukum;

  2. Menyelenggarakan penelitian dalam pengembangan ilmu Syariah dan Ilmu Hukum Islam berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam;

  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Syariah dan Ilmu Hukum Islam berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam;

  4. Menyelenggarakan kelembagaan yang efektif untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi;

  5. Menyelenggarakan sumber daya manusia yang memenuhi kualifikasi untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam di Asia Tenggara;

 

Fakultas Tarbiyah

(F-TARBIYAH)

 

ekaEka Sukmawati, S.Ag, M.Ag

Dekan Fakultas Tarbiyah.

 

Visi

Menuju fakultas tarbiyah yang terdepan dalam kajian pendidikan islam dan tamaddun melayu di kawasan asia tenggara tahun 2025

 

 

 

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang aktual dan berbasis integrasi ilmu, teknologi dan seni dalam rangka membentuk, meningkatkan, dan memajukan sumber daya manusia berkualitas yang mampu mengembangkan dan menerapkan dan mengintegrasikan ilmu Pendidikan Islam dengan teknologi secara akademik dan berkepribadian tamaddun melayu.

  2. Melaksanakan penelitian yang berbasis integrasi ilmu dalam rangka menggali dan merumuskan pemikiran Pendidikan Islam yang terintegrasi dengan sains dan relevan dengan pembangunan nasional.

  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan, latihan, inservice-training, workshop, pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan dalam rangka peningkatan kualitas, kuantitas, serta integritas ilmu pendidikan berparadigma islami kepada stakeholder/ masyarakat

  4. Melaksanakan pembinaan akhlak dalam rangka penerapan nilai-nilai Islam dan nilai-nilai ketamaddunan melayu.

 

Pusat Pelayanan Terpadu

(P 2 T)

windaWindayani, S.Pd.I, M.Pd

Direktur P2T

  

VISI

“Menuju Pelayanan Akademik IAITF yang Prima dan Profesional berskala international tahun 2025”

 

 

 

 

MISI

  1. Menciptakan Kinerja P2T yang Professional;

  2. Menciptakan Pelayanan Akademik yang Terstandarisasi;

  3. Menciptakan Pelayanan Akademik yang Nyaman, Santun dan Cerdas;

  4. Menciptakan Pelayanan yang Efektif dan Efisien;

  5. Menciptakan dan Melaksanakan Tertib Administrasi.

 

www.iaitfdumai.ac.id

Jl. Utama Karya No 3 Bukit Batrem II Dumai Telp: 0765-4300058, Email: iaitfdumai01@gmail.com

Share This: