PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHAP I ( 1 Februari - 30 April 2018 ), TAHAP II ( 1 Mei - 30 Juni 2018 ), TAHAP III ( 1 Agustus - 31 Agustus 2018 ) UNTUK INFORMASI LAINNYA BISA MENGHUBUNGI KAMI Telp. 0765-5507654, Jalan Utama karya No. 03 Bukit Batrem II Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai Riau - Indonesia
Minggu, 16 Desember 2018

Persiapan Maksimal Menuju AICIS ke 16

01477329756img3820

01477329756img3820Lampung (DIKTIS) — Kegiatan persiapan pelaksanan Annual International Conference Islamic Studies (AICIS) ke 16 ini dilakukan di hotel Emersia Lampung tanggal 24 sampai dengan 26 oktober 2016 dengan pembahasan yang melibatkan beberapa pihak dari tim pusat dan tim lokal. Hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Prof. Amsal Bakhtiar (Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam), Dr. Muhammad Zain (Kasubdit Pengembangan Akademik), Prof. Dr. Amany Lubis, Prof. Dr. Mujiburahman sebagai Tim Sterring Committee (SC) AICIS serta Rektor IAIN Lampung, Prof. Mukri sebagai tuan rumah.
Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Amsal Bakhtiar menekankan AICIS kali ini harus ada distingsi kreativitas dan inovasi, agar mengurangi pandangan orang terhadap AICIS yang terlalu kolosal setiap tahun. “Harus diperhatikan dengan matang segala persiapan yang kita lakukan, salah satunya roundown acara dan MC peserta. Selain itu persiapan dalam ruangan juga harus diperhatikan karena pengalaman AICIS sebelumnya masih ada peserta yang kurang semangat menghadiri di setiap ruangan plenary session” ujar Direktur.

Kasubdit Pengembangan Akademik, Dr. M. Zain menambahkan bahwa untuk suksesnya AICIS ada beberapa rukun yang harus diperhatikan. “Pertama, Menjaga kualitas akademik, kedua Hospitality. Panitia harus menjamin bahwa semua paper yg lulus seleksi adalah otentik dan terhindar dari plagiasi. Hospitality dan kualitas layanan kepada tamu kita adalah ciri khas penyelenggaraan Aicis. Semua tamu, undangan dilayani secara baik. Diberi informasi yang cukup terkait dengan seluruh rangkaian acara serta hak kewajiban mereka. AICIS juga menggelar acara city tour untuk memperkenalkan panorama dan keindahan alam Indonesia kepada dunia. Ketiga, Tujuan AICIS adalah untuk penguatan intellectual networking. Agar para dosen dan peneliti memiliki jaringan intelektual dengan tokoh-tokoh dunia sesuai dengan ilmu yg ditekuninya. Peserta dari daerah diberi akses seluas-luasnya untuk memanfaatkan forum ini. Orang daerah harus memaksimalkan forum ini. Mereka bisa bertukar informasi. Bahkan bisa berlanjut untuk melakukan joint research” Ungkapnya.

Sterring Committe Prof. Dr. Amany Lubis memberikan pendapat, bahwa paper yang sudah diterima menjadi tanggung jawab panitia untuk ditelaah kembali mulai dari judul dan isinya. Selanjutnya panitia memantau setiap ruangan, yang akan menjadi plenary session. Peserta juga diharapkan dalam keadaan siap disetiap ruangan, karena dikhawatirkan menjadi kosong saat acara berlangsung.

Sedangkan Prof. Dr. Mujiburahman menyarankan, untuk pemakalah agar ada outputnya, misalnya dimanfaatkan untuk dikirim ke jurnal internasional yang terindeks Scopus atau ke jurnal yang terakreditasi nasional, Kegiatan ini akan dilanjutkan dua hari kedepan dengan beberapa agenda pembahasan rapat koordinasi lanjutan.

Sumber :

http://diktis.kemenag.go.id/NEW/index.php?berita=detil&jenis=news&jd=732#.WBhYhflTL4Y

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *